Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Lima Aturan Unik bagi Wisatawan yang Berkunjung ke Korea Utara

Written By Blogger on Thursday, March 03, 2016 | 14:05

Korea utara
Korea Utara merupakan salah satu negara yang paling  sedikit diketahui orang di dunia. Hal itu terjadi karena Junta militer yang menguasai negara tersebut menerapkan aturan yang sangat ketat sehingga senua informasi yang akan keluar disaring demi kepentingan mereka.  Namun demikian, banyaknya turis asing yang ingin melancong Korea utara,  membuat negara tersebut mulai membuka diri terhadap kedatangan para wisatawan.  Namun demikian banyak aturan yang harus dipenuhi oleh wisatawan apabila akan berkunjung ke negara tersebut. Peraturan  tersebut biasanya dicantumkan di perbatasan Tiongkok-Korea Utara sehingga dapat dilihat oleh banyak orang.

Berikut ini adalah  Lima Aturan Aneh yang ada di Korea utara khususnya yang diberlakukan bagi  wisatawan sebagaimana dikutip dari News.com.au.

1.    Tidak Boleh Bertingkah Semaunya
Republik Demokrasi Korea atau Democratic People’s Republic of Korea (DPRK) merupakan negara yang berpaham komunis sehingga semua tingkah laku warganya diawasi dengan ketat oleh pemerintah. Dan hal itu berlaku juga bagi wisatawan yang berkunjung ke sana.  Semua  wisatawan diwajibkan untuk menyewa atau bergabung dengan grup tour wisata, sehingga semua gerak-gerik wisatawan dapat dikontrol oleh pemandu wisata . Tanpa  didampingi oleh pemandu wisata, turis tidak diizinkan pergi kemanapun  termasuk sekedar berjalan-jalan keluar kamar hotel

2.    Tidak Boleh Memotret Sembarangan
Aktivitas memotret yang merupakan aktivitas utama bagi para wisatawan di negara ini sangat diatur dan dibatasi.   Wisatawan  tidak diperbolehkan mengambil foto secara sembarangan termasuk orang yang sedang berjalan  atau beraktivitas lainnya. Pemandu wisata biasanya sudah mewanti-wanti pada wisatawan yang menjadi tanggung jawabnya agar tidak memotret kemiskinan dan konstruksi bangunan tanpa seizin pemerintah.

3.    Harus Menghormati Pimpinan Tertinggi
Di Korea Utara, para turis harus memanggil Kim Il Sung dengan sebutan The Great Leader, Kim Jong Il dengan The Dear Leader, dan pimpinan Korea Utara saat ini, Kim Jong Un, dengan julukan The Marshal. Dan salah satu upaya untuk menghormati para petinggi negara tersebut, wisatawan diimbau untuk memberikan bunga di patung makam Kim Il Sung dan Kim Jong Il.

4.    Berpura-pura Tidak Punya Agama

Sebagai negara yang berpaham komunis dan ateis, Korea utara tidak mengakui agama apapun.. Oleh karena itu, seluruh warganya tidak memiliki agama dan tidak diizinkan memeluk agama. Segala aktivitas keagamaan di negara tersebut adalah  hal yang  dilarang. Dan bagi para turis yang berkunjung ke sana, sebaiknya berpura-pura tidak memiliki agama termasuk menjalankan  ibadah.  Jika ada warga atau turis kedapatan melakukan aktivitas keagamaan, negara berhak menangkap, menahan atau mengusir mereka. Sebelumnya, pernah ada seorang warga negara Amerika yang harus dipenjara selama enam bulan lantaran kedapatan membawa Bibel di sebuah kelab malam.

5.    Membawa Barang Seperlunya

Salah satu aturan yang harus dipatuhi oleh wisatawan yang berkunjung ke Korea Utara adalah larangan membawa USB Drive, CD dan DVD, tablet, laptop, kamera berlensa panjang bahkan ponsel. Barang-barang tersebut akan diperiksa secara ketat oleh pihak bea cukai ketika tiba di sana. Bahkan, history pada browser smartphone atau laptop juga tidak luput dari pengawasan.

Bagaimana temans, masih tertarik untuk berkunjung di negara yang misterius dan banyak tantangan tersebut?