Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

5 Fakta Unik Tentang Datang Bulan

Written By Blogger on Friday, March 04, 2016 | 18:33

Datang bulan atau haid adalah salah satu siklus perempuan yang secara rutin dialami.  Banyak  fakta dan  mitos yang terjadi di seputar siklus wanita dewasa tersebut. Ada anggapan yang  kalau haid itu tandanya perempuan akan mudah dalam mendapatkan keturunan,  ada juga yang mengatakan kalau sedang datang bulan emosi perempuan kadang selalu tinggi dan banyak hal-hal lain yang menarik perhatian untuk di dalami. Berikut ini adalah 5 Fakta Unik yang jarang diketahui terkait dengan Datang Bulan

1. Menurunkan kemampuan kognitif

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kebanyakan wanita akan merasa sakit ketika tamu bulanan datang menghampiri. Rasa sakit tersebut biasanya dirasakan di perut dan punggung,  dan kadang diikuti dengan  efek mual yang kerap kali muncul selama periode haid. Kondisi itu tentu saja  dapat mempengaruhi kemampuan  berpikir bagi wanita. Menurut sebuah studi di tahun 2014 yang dipublikasikan dalam jurnal Pain,  rasa sakit  yang sering dialami oleh sebagian wanita ternyata dapat mengganggu rentang perhatian dan mengurangi konsentrasi wanita terhadap sesuatu hal.

2.  Terjadinya Perubahan Suara

Entah disadari atau tidak,  ternyata perubahan hormonal yang berhubungan dengan siklus menstruasi wanita juga dapat memengaruhi perubahan terhadap suaran. Sel-sel yang terdapat pada bagian laring dan organ vital wanita diyakini memiliki kemiripan dan menunjukkan penerimaan reseptor hormon yang serupa. Ha ini juga pernah dibuktikan secara ilmiah melalui  sebuah studi  yang di lakukan di tahun 2011.  Dalam Jurnal  jurnal Ethology diketahui bahwa  pria dapat mendeteksi apakah seorang wanita sedang haid atau tidak, hanya dengan mendeteksi dari suaranya saja. Menarik bukan ?

3. Haid Membuat pria kurang tertarik

Pria rupanya juga memiliki indra penciuman yang tajam terkait dengan siklus menstruasi dari wanita di sekitarnya khusunya pasangannya masing-masing.  Berdasarkan suatu  penelitian, diketahui  bahwa kadar testosteron pria dipengaruhi oleh aroma wanita, terutama ketika wanita sedang berovulasi. Sebuah studi tahun 2010 yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science menemukan kadar testosteron pria meningkat secara signifikan ketika mereka mencium pakaian wanita yang sedang haid.

4. Bercinta saat haid bisa berisiko

Berbagai jurnal kesehatan dan juga aturan agama menyatakan bahwa berhubungan badan dengan istri ketika sedang  haid  dapat berdampak pada nyeri perut dan endometriosis bagi si wanita. Bahkan bukan tidak mungkin darah menstruasi masuk kembali ke dalam  rahim ketika melakukan hubungan intim. Belum lagi terkait dengan masalah kebersihan organ wanita serta peluang tertularnya penyakit pada masa-masa kritis tersebut.
.
5. Tetap berpeluang hamil Saat Sedang Haid

Banyak orang beranggapan bahwa berhubungan intim saat menstruasi tidak akan bisa menjadikan seseorang  wanita hamil.  Akan tetapi ternyata ada juga  wanita yang tetap nekat melakukan hubungan  intim selagi dalam periode haid  tetap mengalami kehamilan. Sebagian wanita diketahui memiliki jangka waktu yang tumpang tindih antara jadwal haid dengan awal ovulasi (masa subur). Hal ini berarti seseorang bisa berada pada masa subur meski sedang haid.

Sumber: sumsel.tribunnews.com