Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Lima Tips Mengajarkan Puasa pada Anak

Written By Blogger on Monday, June 06, 2016 | 11:28

Puasa adalah salah satu ibadah yang ditekankan dalam ajaran Agama Islam yang menjadi perintah Allah bagi orang-orang yang beriman. Dengan menjaga tidak makan dan minum, menjaga perbuatan dan pikiran dari sebelum terbit fajar hingga menjelang magrib, diharapkan umat Islam yang menjalankan ibadah tersebut dengan benar akan menjadi pribadi-pribadi yang labih baik lagi sehingga lebih bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. Untuk anak-anak, ibadah puasa kadang menjadi beban tersendiri, sehingga diperlukan beberapa upaya agar mereka bisa menjalankan ibadah tersebut sesuai dengan nalar dan kemampuannya masing-masing. Berikut ini adalah 5 hal yang bisa kita lakukan untuk mengajak anak-anak berpuasa

1. Memberikan Pengertian tentang Puasa
Sebelum melakukan sesuatu, biasanya anak-anak akan bertanya terlebih dahulu alasan melakukan kegiatan tersebut termasuk puasa. Oleh karena itu berikan pemahaman tentang puasa pada anak dengan gaya bahasa yang mudah mereka mengerti. Berikan pengertian kepada anak tentang arti dan manfaat puasa, bukan hanya dari segi agama, namun juga dari segi kesehatan. Tanamkan puasa sebagai ibadah, menghindari mereka dari rasa marah, sedih, dan dendam, dan sebagainya.

2. Memberikan Contoh dan Teladan dalam Berpuasa
Sudah menjadi sifat anak untuk meniru dan engikuti apa saja yang dilakukan oleh orang lain di sekitarnya. Oleh karena itu, ketika mengajari anak-anak berpuasa dan sholat 5 waktu, kita harus bisa memberikan contoh nyata kepada anak-anak tentang pola hidup dan ibadah yang benar di depan mereka ketika sedang berpuasa. Hal ini merupakan cara paling ampuh mengajarkan mereka pentingnya berpuasa.

3.Mengajak Sahur dan Berbuka
Bagi anak-anak yang sudah cukup besar ( 5 tahun ke atas) ada baiknya mereka diajak  untuk bangun dan makan sahur sesuai jadwal, melakukan sholat, sahur, dan berbuka puasa bersama meskipun mereka tidak berpuasa. Ada baiknya anak-anak dibuatkan makanan sahur dan buka puasa yang menjadi favorit mereka sebagai bentuk motivasi.

4. Melibatkan Anak-Anak untuk Menyiapkan Makanan

Waktu-waktu menjelang berbuka puasa merupkan waktu yang krusial bagi anak-anak karena mereka akan merasa di titik lemah dan jenuh dalam menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu, sambil menunggu waktu berbuka puasa, lakukan kegiatan yang menyenangkan bersama anak. Anda bisa melibatkan mereka ambil bagian dalam pemilihan menu saat sahur dan berbuka. Ajak mereka memasak dan menyiapkan menu atau hidangan untuk sahur dan berbuka puasa.  Dengan melakukan cara ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada anak jika puasa bukanlah sebuah beban.

5. Memberikan  Reward Sebagai Motivasi

Khusus bagi anak-anak, penghargaan bisa dijadikan sebagai motivasi atau panjingan dalam mengajarkan ibadah puasa. Kita bisa memberikannya hadiah sebagai bentuk motivasi jika anak sukses menjalankan puasa seharian penuh atau menjalankan puasa selama seminggu 3 kali. Berikan hadiah bermanfaat yang memang menjadi kesukaannya.  .
(Sumber: www.glitzmedia.co)