Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

5 Dokter Wanita Pertama Yang Terkenal di Seluruh Dunia

Written By Blogger on Sunday, March 08, 2015 | 01:12

Dokter adalah salah satu profesi yang paling banyak diminati banyak orang. Banyak sekali masyarakat yang terbantu dengan keberadaan dokter atau paramedic lainnya.  Pada jaman dahulu, profesi dokter didominasi oleh kaum pria, namun demikian ada juga beberapa dokter wanita yang cukup menonjol dan terkenal di eranya. Berikut ini adalah 5 Dokter Wanita Pertama Yang Terkenal Dari Seluruh Penjuru Dunia

1. Merit Ptah (Mesir)
 Merit Ptah merupakan wanita pertama yang mempelajari pengobatan sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan di jaman Mesir Kuno. Merit Ptah hidup sekitar 2700 BCE (Before Common Era), dimana peradaban manusia sudah menunjukkan era keemasannya. Pada masa itu, Merit Ptah sudah terkenal sebagai kepala dokter yang cukup disegani oleh dokter-dokter lainnya. Bukti kemasyruran Merit Ptah adalah dengan ditemukan  gambarnya yang terpampang pada sebuah batu nisan  di nekropolis dekat piramida Saqqara.




2. Metrodora (Yunani)
Yunani merupakan salah satu bangsa besar yang cukup disegani pada jaman kerajaan kuno di dunia.  Dan di masa keemasan Yunani inilah hidup seorang dokter wanita yang cukup terkenal yaitu Metrodora. Dokter yang fenomenal ini juga menghasilkan pemikiran yang dituangkan dalam sebuah buku kedokteran kuno pertama di dunia yang ditulis oleh seorang wanita. Buku tersebut kemudian diterjemahkan dengan judul On the Diseases and Cures of Women yang berisi 63 bab. Menurut catatan para ilmuwan yang meneliti jejak-jejak peninggalan masa lalu, Metrodora diketahui hidup pada 200 - 400 BCE.  .



3. Agnodice  (Roma)
Agnodice atau biasa dikenal dengan nama Agnodike adalah dokter wanita pertama di Roma yang dikenal sebagai bidan dan ginekolog pada abad ke-4 BCE. Pada masa itu, perempuan diperbolehkan mempelajari kesehatan, namun hanya sebatas merawat pasien dan membantu kelahiran. Perempuan tak dibolehkan belajar tentang obat-obatan. Oleh karena itu untuk belajar ilmu kedokteran, Agnodice harus memotong rambutnya dan berpakaian seperti pria. 

4. Yi Shui (China)
Yi Shui merupakan dokter pertama di China yang tercatat dalam sejarah peradaban manusia. Sejak kecil Yi Shuo diketahui memiliki ketertarikan khusus pada obat-obatan herbal. Setelah banyak menyembuhkan pasien di sekitarnya, Yi Shuo akhirnya diangkat sebagai dokter istana untuk Raja.  Yi Shui hidup pada masa Dinasti Han, 2000 tahun lalu.  

5. Dae Jang Geum
Dae Jang Geum, adalah seorang dokter wanita pertama di masa kerajaan Korea. Kisah Dae Jang Geum  cukup terkenal di Indonesia karena telaf diceritakan dalam bentuk sinetron yang cukup digemari. Jang geum  yang memiliki nama asli Seo Jang Geum, adalah seorang dokter wanita pertama di Istana yang hidup pada abad ke-16. Karena kemampuan pengobatan dan kepercayaan yang diberikan oleh kerajaan, Seo Jang geum mendapat gelar Dae yang berarti 'Yang Hebat'. Kehebatan Dae Jang Geum mulai dikenal oleh masyarakat luas setelah dia menemukan cara untuk membuat proses kelahiran lebih aman. Jang Geum juga disebut dalam buku berjudul Yi Dynasty Medical Officer's Journal yang mencatat tentang informasi Jang Geum beserta pencapaiannya sebagai dokter istana.