Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Lima Hewan Langka yang ada di Indonesia

Written By Blogger on Saturday, April 12, 2014 | 08:33

1. Burung Maleo
Burung Maleo adalah hewan sejenis burung gosong yang memiliki ukuran sedang dengan memiliki panjang hingga mencapai 55 cm. anak burung maleo yang baru saja menetas sudah dapat langsung terbang, itu yang membedakan burung ini dengan burung lainnya. Burung ini terancam kepunahan karena banyak pemburu liar yang memburu telurnya dan banyaknya hutan yang telah berubah fungsi menjadi tempat didirikan bangunan.
 


2. Bekantan
Bekantan atau Nasalis Larvatus adalah hewan sejenis monyet yang memiliki hidung panjang serta bulu berwarna merah kecoklatan.  Hewan ini memakan biji-bijian, buah, dan daun. Bekantan hidup di hutan bakau, rawa di pulau Borneo, Kalimantan. Hewan ini terancam punah sejak tahun 2000

3. Musang Congkok

Musang congkok dapat di temukan di hutan pegunungan serta perbukitan yang ada di Aceh dan Sumatera Barat. Musang ini memiliki berat badan mencapai 5kg dan memiliki panjang mencapai 71 cm. musang ini termasuk hewan pemburu yang suka memanjat pohon dan sangat menyukai mamalia kecil seperti serangga dan sebagainya.


4. Ikan Belida
Ikan Belida atau Notopetrus Chitala memiliki panjang tubuh mencapai 87,5 cm dan memiliki berat mencapai 1 kg. hewan ini hidup di air tawar dan memiliki bentuk tubuh mirip dengan pisau, memangsa udang serta ikan kecil. Habitat asli dari ikan ini adalah perairan air tawar di wilayah Jawa serta Kalimantan.

5. Singapuar
Singapuar atau Tarsius Bancanus adalah hewan mirip seperti burung hantu. Burung ini memiliki habitat asli di kepulauan Kalimantan dan Sumatera Selatan. Burung ini termasuk primate terkecil yang ada di dunia, dengan berat mencapai 140 gram dan panjang mencapai 15 cm. hewan ini aktif di malam hari.




Sumber: http://www.kabarbronis.com/3859/6-hewan-langka-di-indonesia-termasuk-keterangannya.html