Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

5 Laut Terdalam di Dunia

Written By Blogger on Tuesday, April 08, 2014 | 08:28

Laut terdalam di dunia atau yang sering di sebut sebagai palung merupakan bagian terdalam dari sebuah laut atau samudera. Laut merupakan kumpulan air asin dengan area yang sanagt luas serta menggenangi daratan.
Laut terdalam di dunia

1. Laut Karibia
Laut Karibia termasuk bagian dari Samudera Atlantik, bagian terdalam dari laut ini adalah  Cayman Trough yang memiliki kedalaman mencapai 7.686 m. usia laut Karibia diperkirakan sekitar 20.000 sampai 570 juta tahun. Laut Karibia merupakan salah satu laut yang memiliki kadar garam terbesar, dengan luas yang mencapai 2.754.000 kilometer persegi. Dasar laut Karibia adalah rumah bagi dua parit samudra yaitu Hispaniola dan Puerto Ricu, keberadaan kedua parit tersebut mengakibatkan Lautan Karibia menjadi rentan terjadi tsunami yang dapat menghancurkan kepulauan yang berada di Karibia.

2. Laut Mediterania
Laut Mediterania hamper mengelilingi seluruh dataran yang ada di bagian utara Anatolia dan Eropa. Laut ini memiliki kedalaman mencapai 1.501 m dengan luas 2,5 jt km2 dan dasar terdalam mencapai 5.267 m lebih tepatnya terletak di Calypso Deep. Terusan Suez sepanjang 163 km telah menghubungkan laut Mediterania dengan laut Merah. Laut ini dikelilingi oleh kepulauan besar seperti Kreta, Cyprus, Rhodes, Kefalonia, Chios Minorca, Cres, Brac, Pag , Malta dan masih banyak lagi. Iklim di Mediterania adalah panas, kering, hujan dan dingin.

3. Laut Jepang
Laut Jepang merupakan laut tepi Samudera Pasifik bagian barat. Laut Jepang memiliki kedalaman mencapai 3.742 m dengan luas 978.000 km dan memiliki kadar garam yang lebih rendah bila dibanding dengan Samudera Pasifik. Kehidupan bawah laut Jepang sangat kayak arena memiliki lebih dari 800 spesies tanaman laut, 3.500 spesies hewan seperti ikan, mamalia laut, krustasea. Laut Jepang memiliki 3 cekungan yaitu cekungan Yamato, cekungan Jepang dan cekungan Tsushima.

4. Laut Puerto Rico
Laut Puerto Rico memiliki kedalaman mencapai 9.219 m, dan tertelat di Samudera Atlantik. Laut ini menjadi pembatas antara Laut Karibia dengan Samudera Atlantik.

5.  Laut Mariana
Laut Mariana terletak di dasar Samudera Pasifik dengan kedalaman mencapai 10.924 m. laut ini dekat dengan Kepulauan Mariana di AS , pulau Mariana kini menjadi seperti taman nasional dan turis yang paling banyak mendatangi tempat ini adalah turis yang berasal dari Jepang, karena lokasinya dekat dengan Jepang. Itulah beberapa laut terdalam di dunia, laut memang sanagt indah untuk di nikmati namun jangan mencoba berenang di beberapa laut di atas karena dapat membahayakan jiwa, cukup dengan menikmati keindahan pemandangannya di pulau yang terletak di dekat dengan lautan tersebut.  semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita.

Sumber: http://www.kabarbronis.com/4068/laut-terdalam-di-dunia-2.html