Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

5 Kartu Merah Paling Kontroversial di dunia Sepakbola

Written By Blogger on Wednesday, July 13, 2016 | 17:56

Kartu Merah Kontroversial
Di dalam sepakbola, wasit sebagai pengadil di lapangan memiliki peran yang sangat vital. Kejelian, ketenangan, ketegasan dan keberanian wajib dimiliki oleh korps baju kuning ini demi menjaga sportifitas di dalam permainan. Dalam hal-hal tertentu, demi menjaga keberlangsungan waktu, wasit diberi wewenng untuk memberikan peringatan baik dengan lesan untuk kesalahan/pelanggaran yang paling ringan, memberikan kartu kuning hingga memberikan kartu merah yang berarti mengusir pemain/official tim yang dianggap melakukan pelanggaran keras untuk keluar dari lapangan. Bagi para pemain, tetu saja kartu merah menjadi momok yang sangat menakutkan, sehingga mereka cenderung hati-hati agar tidak mendapatkan kartu sial tersebut. Selain diusir dari lapangan, biasanya penerima kartu merah akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang tertera dalam manual masing-masing kompetisi. Dan tahukah anda, meskipun wasit sudah berusaha untuk bersikan adil ternyata masih juga ada beberapa hal yang dianggap kontroversial dalam memberikan hukuman.  Berikut ini adalah 5  Kartu Merah Paling Kontroversial di dunia Sepakbola

1. Josip Simunic
Dalam pertandingan Piala Dunia tahun 2006 yang mempertemukan antara Kroasia dan Australia  di Gottlieb-Daimler-Stadion Stuttgart, Josip Simunic mendapat kartu merah setelah kartu kuning ketiga yang diterimanya. Suatu hal yang aneh karena dari segi aturan pemain sepakbola harusnya mendapat kartu merah setelah dua kali diganjar kartu kuning oleh sang wasit. Graham Poll, wasit yang biasa memimpin pertandingan Liga Primer Inggris baru menyadari kekeliruan ini usai pertandingan. Rupanya dia salah memberi tanda di kolom kartunya.

2. Samuel Inkoom
Samuel Inkoom mengalami hal yang yangat menyakitkan dalam hidupnya ketika mendapatkan kartu merah ketika membela timnya dalam pertandingan Premier League Rusia antara Dnipro Dnipropetrovsk yang berhadapan dengan Karpaty Lviv pada tanggal 30 Oktober 2011. Bek asal ghana tersebut mendapatkan kartu merah saat dia berjalan ke luar lapangan karena digantikan oleh pemain lain. Karena kesal sudah mendapatkan kartu kuning, sambil berjalan menuju luar lapangan Inkoom membuka jerseynya. Tak pelak aksi tersebut membuat sang wasit mengeluarkan kartu kuning keduanya yang berarti Inkoom mendapat kartu merah dan harus meninggalkan pertandingan tanpa bisa digantikan oleh pemain lainnya. 

3. Javier Mascherano
Kejadian ini mungkin bisa dikatakan menjadi kartu merah paling konyol yang dialami oleh Javier Mascherano yang dikenal sebagai salah satu Gelandang timnas Argentina yang cukup disegani. Mascherano dapat kartu merah saat Argentina berhadapan dengan Ekuador dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Amerika Selatan di Estadio Olimpico Atahualpa. Kejadian itu berawal ketika Mascherano sedang dibawa ke tepi lapangan dengan menggunakan mobil medis. Sesaat berselang, ia terlihat menyepak petugas medis yang menyupiri mobil itu. Melihat kejadian tersebut, wasit asal Paraguay, Enrique Careces  mengeluarkan kartu merah yang membuat Mascherano harus terusir keluar lapangan.

4. Kieran Gibbs
Aksi konyol kali ini dilakukan oleh seorang wasit bernama Andre Marriner ketika memimpin pertandingan antara Chelsea dan Arsenal di Stamford Bridge pada bulan Maret tahun 2014. Waktu itu, Marriner mengusir bek Kieran Gibbs karena dikira melakukan pelanggaran dengan menahan bola menggunakan tangannya saat membendung tendangan Eden Hazard. Tak pelak pemain tersebut merasa kebingungan dan melakukan protes atas tindakan sang wasit karena dia tidak merasa melakukan pelanggaran apapun. Usut punya usut, ternyata sang wasit salah mengidentifikasi pemain yang mengira Gibbs adalah Alex Oxlade-Chamberlain.  Insiden ini sendiri terjadi di babak pertama, tepatnya di menit 15 saat Arsenal tertinggal 0-2 dari tuan rumah Chelsea.

5. Steven Gerrard
Bintang Liverpool Steven Gerard mengalami nasib sial saat klub kebanggaannya melawan seteru abadi Manchester United pada minggu 22 Maret 2015. Baru saja masuk sebagai pemain pengganti selama 38 detik dan langsung mendapatkan kartu merah. Di laga bertajuk North West Derby tersebut, Gerrard baru dimainkan di awal babak kedua untuk menggantikan rakan setimnya Adam Lallana. Namun tak lama berselang, ia dua kali terlibat adu badan dengan gelandang The Red Devils, Ander Herrera. Duel pertama tak ada yang dirugikan. Sementara insiden kedua terlihat bahwa Gerrard menginjak kaki gelandang berpaspor Spanyol tersebut. Tak pelak aksi tersebut membuatnya diusir dari lapangan hijau oleh wasit Martin Atkinson.