Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Lima Tokoh dunia ini gagal berkali-kali sebelum mereguk sukses

Written By Blogger on Friday, December 05, 2014 | 00:31

Kegagalan itu adalah sukses yang tertunda. Tampaknya itu pedoman yang dianut oleh para tokoh dunia ini. Mengalami jatuh bangun berkali-kali tak membuat mereka menyerah dalam meraih impian. Mulai dari Walt Disney hingga Steven Spielberg, berikut ini para pesohor dunia yang mengalami kegagalan berkali-kali sebelum mencapai kesuksesan.

1. Dr. Seuss
Theodore Seuss Geisel atau lebih dikenal sebagai Dr. Seuss merupakan ilustrator sekaligus penulis dongeng anak-anak terkenal sepanjang masa. Karya-karyanya yang terkenal antara lain The Cat in the Hat dan Green Eggs and Ham. Dan buku-bukunya masih digemari anak-anak di seluruh dunia hingga sekarang.

Walaupun begitu, di awal karir sebagai penulis Dr. Seuss sempat mengalami kegagalan beruntun. Menurut situs Planet Motivation, naskah pertamanya yang berjudul And to Think That I Saw it on Mulberry Street ditolak 28 penerbit. Vanguard Press adalah satu-satunya yang bersedia menerbitkan karya tersebut.

2. Walt Disney

Merdeka.com - Siapa yang tak kenal Walt Disney, raja industri hiburan Amerika Serikat? Ide-ide cemerlangnya telah melahirkan hiburan terpopuler sepanjang masa seperti animasi Mickey Mouse dan Disneyland.

Tetapi sebelum sukses pria ini ternyata harus mencicipi berbagai kegagalan terlebih dahulu. Disney dipecat dari pekerjaan pertamanya di koran Kansas City Star newspaper karena dianggap 'tidak cukup kreatif dan inovatif.
Di usia 22 tahun, ia mengalami kebangkrutan gara-gara seri kartunnya gagal total di pasaran. Kemudian ia hijrah ke Los Angeles dan mendirikan Walt Disney Productions dan meraih kesuksesan.
Tetapi kegagalan tak lantas berhenti menyambanginya. Ia sempat mendapat 302 penolakan ketika mencari investor yang bersedia membiayai pembangunan Disneyland.

3. Steven Spielberg

Transformers, Men in Black, dan Saving Private Ryan merupakan beberapa dari sekian banyak film sukses yang diproduserinya. Belum lagi film-film klasik macam E.T., Jaws, Jurassic Park, dan Indiana Jones yang menjadi karya fenomenal berkat teknik penyuteradaraannya.

Tetapi siapa sangka kalau produser bertangan dingin ini justru sempat gagal meraih gelar sarjana? Spielberg ditolak tiga kali dari sekolah film impiannya, University of Southern California. Tetapi nyatanya ia berhasil memenangkan Oscar tiga kali.

4. Stephen King
Penulis cerita horor dan misteri kawakan ini telah menerbitkan 50 buku yang semuanya menjadi best seller. Beberapa novelnya pun sudah diadaptasi ke layar lebar, di antaranya Carrie.
Ternyata, sebelum karyanya menjadi rebutan penerbit bergengsi, cerpen King sempat ditolak 60 kali oleh 60 penerbit berbeda. Akhirnya ia berhasil menerbitkan cerpen 'I was a Teenage Grave Robber' di majalah Comic Review. Tetapi ia hanya diberi honor berupa dua eksemplar majalah gratis.
Sementara salah satu novelnya yang paling terkenal, Carrie pernah ditolak oleh 30 penerbit.

5. Thomas Alva Edison
Thomas Alva Edison kini dikenal sebagai salah satu inventor terbesar dengan penemuan yang mengubah kehidupan umat manusia, yaitu bola lampu. Ia juga memegang 1093 paten untuk inovasinya yang lain.

Tetapi tahukah Anda, Edison mengalami 1.000 kali kegagalan saat mencoba menyempurnakan bola lampu ciptaannya?

Ia juga sempat mematenkan alat voting elektronik pada tahun 1869. Tetapi produk tersebut gagal total. Bahkan tak ada yang mau mendanai produksinya. Tetapi kegagalan produk itu justru mengajarkan Edison pentingnya menciptakan produk yang dibutuhkan konsumen dan riset pasar.

Sumber: merdeka.com