Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

5 PTN terpintar di Indonesia berdasarkan peringkat TeSCA 2014

Written By Blogger on Thursday, August 07, 2014 | 22:59

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia terus bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam kualitas pendidikan dan pengajaran.

Berikut adalah profil 5 PTN terpintar di Indonesia berdasarkan peringkat TeSCA 2014:

1. Universitas Indonesia (5.695)

Berada di posisi teratas di antara PTN di Indonesia, Universitas Indonesia (UI)  merupakan kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. UI saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia. UI dirintis pada tahun 1849. PTN ini telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni yang telah berkiprah di dalam dan luar negeri.
Selain unggul di bidang teknologi, UI yang memiliki kampus di Salemba dan Depok, memiliki julukan "green campus" karena 75 persen areanya merupakan area hijau berupa hutan kota. UI juga mengembangkan peringkat universitas-universitas di dunia berdasarkan keasrian dan keramahan lingkungan kampus, dikenal dengan UI GreenMetrics.

2. Universitas Airlangga (5.462)

Universitas Airlangga (Unair) adalah salah satu PTN paling bergengsi di Indonesia, dengan lokasi kampus di Kota Surabaya. Dengan 13 fakultas, 1 program pascasarjana, dan 127 program studi (prodi) dari berbagai jenjang, meliputi program akademik, vokasi, dan spesialis, Unair mampu melayani lebih dari 20.000 mahasiswa. mengakses internet terbilang sangat mudah. Unair telah menyediakan akses internet dan intranet di seluruh area Kampus A-B-C. Pembayaran SPP juga sudah terhubung langsung dengan pihak bank secara daring. Melalui aplikasi susiakad, Unair telah membangun layanan proses akademik secara mandiri. Seluruh transaksi akademik dapat dijalankan secara efektif dan efisien dengan sistem transaksi akademik lewat Internet.

3. Universitas Diponegoro (5.377)
Universitas Diponegoro (Undip) merupakan salah satu PTN terbaik di Indonesia. Berbagai pencapaian telah diraih oleh universitas yang berdiri sejak 1956 ini. Pada Januari 2014, laman resmi Undip menjadi yang terbaik nomor 7 di Indonesia dan posisi 1.088 di dunia mengalahkan 22.000 laman universitas lain yang diteliti oleh Webometrics. Berdasarkan pemeringkatan 4ICU, laman resmi Undip merupakan yang terbaik ke-6 secara nasional dan 986 dunia. Peringkat ini menilai 11.307 laman perguruan tinggi di seluruh dunia. Evaluasi dilakukan berdasarkan data Google Page Rank dan Alexa Traffic Rank.

4. Institut Teknologi Bandung (5.177)
Institut Teknologi Bandung (ITB) didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia. Kampus utama ITB, di utara kota Bandung, dan bagian kampus lainnya, memiliki luas area 770.000 meter persegi. Asrama mahasiswa, perumahan dosen, dan kantor pusat administrasi tidak terletak di kampus utama namun masih dalam jangkauan yang mudah untuk ditempuh. Selain ruangan kuliah, laboratorium, bengkel dan studio, ITB memiliki sebuah galeri seni yaitu Galeri Soemardja, fasilitas olah raga, dan sebuah Campus Center. Perpustakaan Pusat ITB memiliki koleksi sekitar 150.000 buku dan 1.000 judul jurnal. ITB juga memiliki Observatorium Boscha yang terletak 11 kilometer di sebelah utara Bandung.

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (5.138)

Sampai tahun 2013, ITS memiliki 5 Fakultas dengan 12 Program Doktoral, 16 Program Magister, 26 jurusan/program studi tingkat Sarjana, 6 Program Studi D-3, 1 Program Studi D-4. ITS merupakan salah satu PTN favorit yang sangat mumpuni di bidang ilmu eksakta. Selain pola pengajaran di dalam kelas, ITS juga mengembangkan model e-learning generasi pertama fokus pada bagaimana institusi menyediakan perangkat-perangkat yang diperlukan untuk mengelola proses belajar mengajar melalui jejaring. Beberapa mata kuliah yang diajarkan lewat e-learning adalah manajemen basis data, statistika, desain dan manajemen jaringan, serta rancangan bangun perangkat lunak.

Sumber: http://tescaindonesia.org/content/read/news/5-smartest-indonesian-state-universities