Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

5 Negara Paling Bersih dari Koruptor

Written By GOJEK #GolekRejeki on Wednesday, December 17, 2014 | 23:52

Korupsi sudah menjadi salah satu "virus" yang mematikan yang tersebar di seluruh dunia. Tidak hanya di Indonesia yang saat ini gencar-gencarnya memberantas dan mengurangi korupsi. Dunia pun secara gencar memberantas dan melawan korupsi. Dibalik pergulatan mengenai korupsi ternyata masih ada negara yang bisa dikatakan termasuk negara yang paling bersih dari koruptor. Negara apa saja itu ? Ini dia.


1. Denmark

Negara yang paling bersih dari korupsi adalah Denmark. Negara ini terletak di Skandinavia, Eropa Utara sehingga termasuk Uni Eropa namun tidak berada di Semenanjung Skandinavia. Bangsa yang juga dikenal sebagai viking  ini mendapat skor dari lembaga Transparansi Internasional (Transparency International) untuk tahun 2014 yang menempatkannya sebagai negara paling bersih dari korupsi.

2. Selandia Baru

Negara kedua yang paling bersih dari  korupsi untuk tahun 2014 ini adalah Selandia Baru. Selandia baru merupakan negara kepulauan di barat daya Samudera Pasifik; kira-kira 1.500 kilometer di tenggara Australia, di seberang Laut Tasman; dan kira-kira 1.000 kilometer di selatan negara-negara kepulauan Pasifik, yakni Kaledonia Baru, Fiji, dan Tonga. Selandia baru mendapat skor 91 dari nilai tertinggi yaitu 100 yang didapatkan dari lembaga Transparansi Internasional yang menempatknya berada di posisi kedua negara terbersih dari korupsi.

3. Finlandia

Negara terbersih dari korupsi ketiga adalah Finlandia. Finlandia mendapatkan skor 89 dari 100 yang didapatkan dari lembaga Transparansi Internasional untuk tahun 2014. Finlandia sendiri merupakan sebuah negara Skandinavia yang juga termasuk negara Nordik. Karena terletak di Eropa Utara, Finlandia menjadi anggota dari Uni Eropa.

4. Swedia

Negara yang terbersih dari korupsi yang keempat adalah Swedia. Swedia mendapatkan skor 87 dari 100 yang didapatkan dari lembaga Transparansi Internasional untuk tahun 2014. Swedia Sendiri merupakan sebuah negara Nordik di Skandinavia, Eropa yang ibu kotanya adalah Stockholm. Negara ini berbatasan dengan Norwegia di barat dan Finlandia di timur laut, Selat Skagerrak dan Selat Kattegat di barat daya, serta Laut Baltik dan Teluk Bothnia di timur.

5. Norwegia

Dan yang terakhir negara terbersih dari korupsi adalah Norwegia. Berdasarkan lembaga Transparansi International Norwegia mendapatkan skor 86 dari nilai 100. Itu sebabnya Norwegia mendapatkan posisi kelima negara paling bersih di dunia. Norwegia sendiri merupakan sebuah negara Nordik di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia.

Link Sumber : http://5-about.blogspot.com/2014/12/5-negara-paling-bersih-dari-koruptor.html