Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

5 Bisnis yang Cocok Bagi Mahasiswa

Written By GOJEK #GolekRejeki on Thursday, September 18, 2014 | 07:48

Sibuk menimba ilmu di bangku kuliah, bukan berarti tidak bisa membuat mahasiswa melakukan kegiatan lain. Bahkan menurut perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi, Mike Rini, setiap mahasiswa berpeluang menghasilkan uang sendiri. Asalkan jeli melihat kesempatan dan konsisten dalam menjalaninya. Sehingga si pelajar tak perlu lagi menunggu kiriman orang tua untuk membayar kuliah atau uang jajan.Berikut Lima jenis usaha yang bisa jadi alternatif bagi mahasiswa:

1. Jasa bimbingan belajar

Menurut Mike, berbisnis tidak selalu dimaknai menjual barang. Memberikan layanan juga bisa menjadi pilihan. Karena potensi terbesar mahasiswa adalah ilmu pengetahuan, maka memberikan privat kepada pelajar sangatlah menjanjikan. Terutama buat mereka yang jenjang pendidikannya di bawah perkuliahan.
"Sekarang itu banyak sekali orang tua yang mau anaknya les pribadi, ini peluang bagus yang minim risiko," kata dia. "Tapi mengajarnya jangan asal-asalan, supaya tidak mengecewakan."

2. Menulis

Aktivitas perkuliahan biasanya padat dengan tugas membaca literatur dan menulis. Baik berupa makalah, artikel, atau resume. Jika digeluti dengan serius, kegiatan ini bisa berubah sebagai usaha sampingan. Misalnya menjadi penulis konten dan mengirimkannya ke surat kabar, majalah, ataupun penerbit.

3. Kerajinan tangan

Bagi mahasiswa yang memiliki hobi menyulam atau jenis kerajinan tangan lain, dapat memanfaatkannya sebagai sarana mendulang uang. Namun untuk aktivitas ini, sebaiknya Anda mengenali dulu potensi pasar. Walau bermodal kecil, kerugian tetaplah sebuah masalah. Jangan sampai, produk Anda tidak laku dan berserakan di rumah.
"Tujuan bisnis itu untuk dapat untung," kata dia. "Kalau Anda sudah menjalaninya namun sirkulasi keuangan malah macet, sebaiknya jangan diteruskan."

4. Penyelenggara pertunjukan

Jika Anda termasuk mahasiswa yang gemar berorganisasi, pengalaman menyelenggarakan acara bisa menjadi modal penting untuk memulai bisnis ini. Anda pun dapat memanfaatkan jaringan sponsor yang sudah dikenal. Jangan lupa, pilih tim yang tepat dan memang sudah terbiasa bekerjasama dengan Anda.

5. Jasa video dan fotografi

Meski tidak berkuliah di jurusan fotografi, peluang bisnis ini tetap terbuka lebar. Dengan catatan, Anda memiliki kemampuan menghadirkan gambar yang berkualitas. Acara-acara pernikahan ataupun promosi produk bisa jadi sasaran utama.

Sumber: https://id.she.yahoo.com/6-bisnis-yang-cocok-bagi-mahasiswa-115341035.html