Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

5 Penyakit karena Terlalu Lama Duduk

Written By Blogger on Thursday, September 18, 2014 | 13:19

Anda pekerja kantoran yang menghabiskan sebagian besar waktu bekerja di tempat duduk?  Berhati-hatilah, sebab duduk selama berjam-jam di kantor ternyata dapat menyebabkan masalah serius bagi kesehatan.  Dirilis dari Solopos.com , setidaknya ada 5 penyakit yang bisa dipicu oleh kebiasaan kita duduk terlalu lama, antara lain:

1. Diabetes

Berdasarkan penelitian, duduk selama berjam-jam di tempat kerja ternyata dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Oleh karena itu, selagi sempat tetaplah aktif setiap hari. Usahakan setiap setengah jam beranjak dari tempat duduk, dan bergerak setidaknya lima menit.

2. Penyakit Jantung
Salah satu momok yang paling ditakuti oleh masyarakat saai ini adalah penyakit jantung. Dan ternyata, salah satu hal yang menyebabkan penyakit jantung adalah karena duduk terlalu lama. Hal itu terjadi karena otot membakar sedikit lemak dan darah mengalir lebih lambat saat duduk terlalu lama sehingga  menyebabkan asam lemak dengan mudah menyumbat jantung, dan menyebabkan penyakit jantung. Demi menghindari risiko ini, jangan lupa untuk istirahat selama lima menit setiap setengah jam duduk.

3. Varises
Varises adalah salah satu masalah kesehatan yang banyak dimiliki orang.  Penyakit tersebut akan diperparah ketika duduk selama berjam-jam di tempat kerja. Ada banyak tekanan di kaki tatkala duduk berlama-lama dan hal itu akan lebih parah jika duduk dalam posisi yang salah.

4. Kerusakan Organ
Ada beberapa organ yang berhubungan dengan aktivitas kita, terutama jika duduk terlalu lama. Risiko kerusakan organ tubuh bakal meningkat kala duduk berjam-jam di tempat kerja. Salah satunya adalah pancreas. Pankreas bekerja untuk memproduksi insulin, dan membawa glukosa ke sel tubuh untuk memberikan energi. Tapi, saat duduk, kita akan lebih banyak diam, otot-otot tidak merespons, pankreas tidak memproduksi lebih banyak insulin sehingga menyebabkan kerusakan organ.

5. Gangguan Sirkulasi Darah
Sebuah logika umum yang diketahui hamper semua orang adalah pengaruh duduk terhadap sirkulasi aliran darah kita. Jika duduk di kursi dalam waktu empat jam tanpa berdiri, hal itu akan mempengaruhi sirkulasi darah dari tubuh. Sirkulasi darah yang akan terkena dampak terparah adalah daerah panggul dan daerah sekitar sekitar alat vital. Jadi perlu dijadikan perhatian bagi kita yang sedang menjalankan orogram memiliki anak

(Sumber: Solopos.com)