Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Lima Makanan yang bisa Merusakkan Gigi Kita

Written By Blogger on Wednesday, August 27, 2014 | 13:32

Gigi merupakan salah satu organ vital bagi manusia yang berfungsi membantu kita dalam hal pencernaan makanan. Selain itu, gigi juga mempengaruhi penampilan karena setiap kita berkomunikasi dengan orang lain, salah satu titik yang menjadi pusat perhatian adalah gigi. Oleh karena itu menjaga kesehatan dan kebersihan gigi adalah hal yang penting. Agar gigi tetap sehat dan kuat, maka kita harus rajin menggosok gigi dan memperhatikan makanan dan juga minuman yang dikonsumsi.
Berikut adalah 5 makanan yang dapat merusak gigi seperti yang dilansir Womenshealthmag.com.

1. Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C baik bagi kulit dan gusi, namun asamnya juga bisa melunakkan enamel gigi.

2. Almond
Kacang almond mengandung vitamin E dan lemak baik. Namun tekstur kacang almond terlalu keras bagi gigi sehingga gigi bisa patah saat mengunyah kacang ini.

3. Acar dan manisan
Di dalam makanan ini, terdapat kandungan cuka yang memiliki tingkat keasaman tinggi. Perlu kita ketahui bahwa salah satu sifat asam adalah bisa melunakkan tulang, dalam hal ini termasuk gigi, sehingga mengurangi atahu menghindari bahan makanan dari cuka adalah salah satu hal yang bijak untuk menjaga kesehatan gigi kita..

4. Buah kering

Buah kering terkadang bisa menjadi cemilan. Namun waspadai kadar gulanya yang tinggi yang berpotensi menarik bakteri untuk berkembang biak. Apalagi jika sisa buah kering menempel pada gigi dan menjadi sarang bakteri.

5. Kopi
Kopi dapat meninggalkan noda pada gigi dan dapat menyebabkan plak. Jangan lupa untuk membersihkan gigi setelah minum kopi.

Sumber: www.dreamersradio.com