Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Lima Tips Mempercepat Loading Website Kita

Written By Blogger on Thursday, February 27, 2014 | 10:22

Waktu loading adalah salah satu faktor penting yang membuat sebuah website dikunjungi oleh banyak orang, karena faktanya, sebagian besar pengguna internet akan beralih dari sebuah website jika website tersebut baru bisa tampil setelah menunggu lebih dari beberapa detik. Untuk mengetahui kecepatan website Anda, Anda bisa mengeceknya di artikel Tools untuk Mengukur Kecepatan Website. Nah, dibawah ini ada beberapa tips untuk memastikan web Anda berjalan lebih cepat. 


1. Optimalkan Ukuran Gambar
Saat menampilkan sebuah halaman web, Anda perlu menunggu hingga semua elemen web didownload di komputer Anda. Salah satu elemen yang paling banyak menyita waktu loading web adalah gambar. Mungkin Anda tidak menyadari saat Anda meng-upload gambar berkualitas HD dalam sebuah halaman web, Anda harus menunggu halaman web tersebut memuat gambar yang (mungkin) berukuran lebih dari 1 MB. Sebagai alternatifnya, Anda bisa menggunakan online image optimizer seperti jpeg-optimizer atau tinypng untuk meng-compress ukuran gambar.

2. Optimalkan File CSS
Saat ini, sebagian besar web didesain menggunakan Cascading Style Sheets. Pastikan Anda menggabungkan beberapa file CSS yang sama dan menghapus bagian tak penting dalam CSS, seperti komentar dan whitespace. Anda bisa menggunakan CleanCSS untuk mengurangi ukuran file CSS.  Akan tetapi, Anda harus hati-hati dalam meng-compress file CSS karena jika tidak, Anda beresiko menghancurkan tampilan web Anda. Untuk mengurangi resiko, backup data web, dan lakukan optimasi secara offline di komputer Anda.

3. Kurangi Penggunaan Javascript Berlebihan
Tampilan website tentu akan lebih interaktif jika menggunakan javascript. Akan tetapi, jika digunakan berlebihan, tentu pengunjung akan beralih dari website. Agar kejadian tersebut tidak menimpa Anda, Anda bisa mengecek kode javascript apa saja yang aktif di website melalui gtmetrix.com. Nonaktifkan javascript yang tidak terlalu dibutuhkan, sehingga loading web bisa lebih cepat.

4. Kurangi HTTP Request
Saat membuka sebuah halaman web, setiap objek sepeti gambar, script, dll melalui file HTML akan diakses dari server. Peristiwa ini menambah waktu loading web secara signifikan. Pastikan Anda mengurangi jumlah objek dan menggabungkan file CSS dan script sebisa mungkin.

5. Mengurangi Waktu Respon Server Website
Waktu respon website diperoleh dari berapa lama waktu yang dibutuhkan file HTML untuk melakukan rendering halaman web antara komputer Anda dengan server web.  Untuk mengetahui waktu respon server web, Anda bisa mengeceknya di Google PageSpeed Insight. Menurut Google, waktu respon server idealnya dibawah 200 ms (milisecond). Itu tergolong server yang super cepat. Jika ternyata waktu respon web Anda lebih dari 200 ms, tapi masih dalam range 1-2 detik, itu masih masih tergolong cepat. Akan tetapi, jika waktu respon server mencapai lebih dari 2 detik apalagi lebih dari 3 detik, mungkin Anda perlu mengganti paket hosting Anda.

Sumber: http://www.mahapatihmedia.com/tutorial/204-tips-mempercepat-loading-web.html