Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Lima Tanda Diet Sudah Kelewatan dan Mulai Tidak Sehat

Written By Blogger on Friday, February 21, 2014 | 21:27

Diet atau pengaturan pola makan seharusnya menyehatkan, bukan sekedar memperbaiki penampilan tetapi juga mencegah penyakit. Namun diet juga bisa jadi penyakit kalau sudah mulai kelewatan.

Seseorang bisa kelewat serius menjalani dietnya, lalu justru menjadi tidak sehat karena terlalu terobsesi dengan berat badan. Karena trelalu fokus mengurangi asupan kalori misalnya, badan jadi lemas serta daya tahan tubuh menurun.

Beberapa tanda yang menunjukkan bahwa diet mulai kelewatan dan tidak sehat lagi adalah sebagai berikut seperti dikutip dari Health.com, Selasa (11/2/2014).

1. Sok-sok rahasia tentang dietnya
Jika tujuannya memang sehat dan caranya juga tidak aneh-aneh, maka tidak ada alasan untuk menyembunyikannya. Jika seseorang selalu menghindar saat diajak membicarakan dietnya, berarti ada yang disembunyikan dan biasanya itu adalah hal yang tidak sehat.

2. Sedikit-sedikit lihat timbangan

Terobsesi pada timbangan adalah salah satu ciri yang menunjukkan diet mulai tidak sehat. Tujuan utama diet adalah menyeimbangkan asupan gizi, sedangkan menurunkan berat badan adalah bonus yang bisa didapatkan darinya. Jika memang dietnya sehat, yakin saja berat badan tidak akan berlebihan.

3. Rasa percaya dirinya tergantung pola makan
Beberapa orang tidak percaya diri membicarakan berat badan dan pola makan. Hal itu disebabkan karena mereka menghakimi dirinya sendiri, merasa jelek saat gemuk dan mengonsumsi makanan tidak sehat. Jika itu terjadi, maka diet yang dilakukan kemungkinan tidak sehat.

4. Energi habis untuk memikirkan diet
Memikirkan diet sepanjang hari bukan hal yang wajar, terutama bagi yang menjalankannya untuk kesehatan. Meng-install beragam aplikasi pengaturan pola makan di gadget, hingga membuat catatan untuk ditempel di segala tempat, adalah tanda-tanda mulai terobsesi dengan diet yang tidak sehat.

5. Menjauh dari pergaulan
Satu lagi bahaya diet yang berlebihan adalah menjauhkan seseorang dari pergaulan yang sehat. Jika khawatir bergaul dengan teman-teman karena khawatir terpengaruh pola makannya yang tidak sehat, maka itu bukan alasan yang bagus. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tidak ikut-ikutan, tanpa harus menyinggung perasaan.

Sumber: http://health.detik.com)