Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

5 negara terkecil di Dunia

Written By GOJEK #GolekRejeki on Monday, January 20, 2014 | 21:24

 Ukuran setiap negara di dunia tentu berbeda-beda, ada yang besar dan ada yang kecil namun bagaimana jika negara itu hanya memiliki ukuran seperti mall perbelanjaan yang besar? Inilah 5 negara terkecil di dunia.

 5. San Marino - 62,16 km2
San Marino adalah salah satu negara terkecil di dunia yang terletak di pegunungan. Merupakan negara yang terletak di pegunungan dan merupakan rumah bagi 32.000 penduduk. Didirikan pada abad ke-4 dan diklaim sebagai negara tertua di Eropa yang juga berarti sistem politik dan hukum pemerintahannya adalah yang tertua di dunia. Karena negara ini dikelilingi oleh Itali, maka Itali juga bertanggung jawab untuk melindungi negara mungil ini.

4. Tuvalu - 23,31 km2
Tuvalu adalah salah satu negara terkecil di dunia dengan luas hanya 23 km persegi. Terletak di Oceania, Tuvalu merupakan negara yang terdiri dari kepulauan karang yang memiliki total luas keseluruhan adalah 23 km2 dan rumah dari sekitar 12 ribu penduduk dengan 14 kota yang tersebar satu sama lainnya. Karena semua pulau di Tuvalu merupakan pulau karang, tidak ada air sungai yang dapat menjadi sumber air minum, oleh karena itu masyarakat Tuvalu menggunakan catchment system atau rainwater harvesting, yakni sebusah sistem dimana air hujan diproses sedemikiran rupa untuk digunakan kembali.

3. Nauru - 22 km2

Nauru adalah salah satu negara terkecil di dunia dengan luas hanya 22 km persegi. Merupakan pulau kecil yang terletak di bagian selatan Samudra Pasifik namun juga merupakan sebuah negara berukuran kecil yang terkenal akan kemakmuran pertambangannya. Sebelum menjadi negara independen di tahun 1968, Nauru dikenal sebagai Pleasant Island dan merupakan bagian dari Australia. Uniknya, walaupun dikatakan merupakan sebuah negara Nauru tidak memiliki ibukota.

2. Monako - 1,95 km2
Monaco adalah salah satu negara terkecil di dunia yang memiliki miliarder terbanyak di dunia. Untuk bantuan perbandingan, Komplek Stadiun Gelora Bung Karno di Jakarta saja memiliki luas keseluruhan 2,84 km2 atau 284,2 hektar. Karena ukurannya, negara ini hanya memiliki 1 kota yang diakui secara resmi yakni Monte Carlo, yang berarti juga merupakan ibukota dan terkenal sebagai wilayah berlibur elit untuk orang-orang kaya di dunia. Salah satu penyebabnya adalah karena kasino, pantai, dan komunitas resortnya. Telah diakui sejak abad ke-13.

1. Vatican - 0,44 km2
Vatican City adalah negara terkecil di dunia dengan luas hanya 0,44 km persegi. Kota Vatican atau lebih dikenal singkatnya sebagai Vatican, merupakan negara di terkecil di dunia yang memiliki populasi sekitar 800 penduduk. Uniknya lagi semua penduduk itu tidak menetap permanen dan berada di sana dengan alasan pekerjaan. Ada 4 kategori penduduk di hukum Vatican, yakni Paus, kardinal (petinggi gereja), anggota kesatuan diplomatik Vatican, dan direktur kantor dan layanan Vatican.
Vatican tidak memiliki tentaranya sendiri dimana mereka meminjam tentara Itali, namun mereka memiliki hukum, bendera, dan cap resmi kenegaraan yang diakui secara internasional. Tipe pemerintahan negara ini berpusatkan atas kepercayaan Gereja Katolik dengan Paus sebagai pemimpin pemerintahan. Karena negara ini dianggap sebagai negara suci maka ada hukum dalam hal berpakaian bahwa bahu ke bawah harus tertutup oleh pakaian.

Sumber:  http://www.tahupedia.com/content/show/341/10-Negara-Terkecil-Di-Dunia