Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

5 Keunikan Gunung Merapi yang harus Kita Ketahui

Written By GOJEK #GolekRejeki on Wednesday, May 10, 2017 | 13:47

5 Keunikan Gunung Merapi yang harus Kita Ketahui


Gunung Merapi
Gunung merapi yang terletak di  perbatasan Provinsi DIY Yogyakarta dan Jawa Tengah menjadi daya tarik yang cukup kuat bagi para petualang di Indonesia bahkan dari negara-negara yang lain. Meskipun bukan termasuk gunung tertinggi di Pulau Jawa bahkan Jawa tengah, namun gunung tersebut mampu membus para pendakinya untuk selalu datang dan datang lagi ke sana. Banyak pengalaman  mereka dapatkan ketika mendaki gunung yang terkenal karena erupsinya yang sering berulang tersebut. Berikut ini adalah 5 Keunikan yang di miliki oleh Gunung Merapi yang harus kita ketahui: 

1.    Salah satu gunung api Paling aktif di Indonesia

Gunung Merapi merupakan gunung berapi yang paling aktif di Indonesia sampai dengan saat ini.  Menurut catatan id.wikipedia.org, Gunung Merapi pernah peletus sebanyak 68 kali siklus letusan sekitar sekitar 5 tahun dimana  letusan   tahun 2010 adalah letusan terbesar sejak tahun 1872. Sebelum meletus tahun 2010, gunung ini juga pernah meletus pada tahun 1998, 2001 – 2003 serta tahun 2006. 

2.    Penuh misteri
Kisah misteri atau keangkeran Gunung Merapi  sudah banyak menjadi buah bibir masyarakat sekitar dan juga para pendaki. Banyak orang yang mengalami peristiwa-peristiwa mistis yang berkaitan dengan gunung tersebut. Hal itu sebenarnya tidaklah mengherankan, karena hutan dan gunung merupakan “rumah” bagi jin yang sering kali menampakkan eksistensinya di depan manusia yang bersinggungan dengan mereka.  Dan yang lebih menghebohkan lagi adalah adanya kisah tentang Kerajaan di Gunung Merapi yang masih ada hubungannya dengan Ratu Laut Selatan serta Keraton Yogyakarta. 
Apabila diperhatikan, posisi Gunung Merapi  berada dalam garis lurus dengan Keraton Yogyakarta dan pantai Selatan khususnya Pantai Parangkusumo. Posisi kraton yang berada di tengah-tengah merupakan simbol dari keseimbangan: keseimbangan vertikal yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan disimbolkan dengan Gunung Merapi dan keseimbangan horisontal  yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan manusia disimbolkan dengan Pantai Parangkusumo. Keseimbangan lain yang juga disimbolkan dengan posisi kraton adalah keseimbangan antara air dan api. Air disimbolkan melalui Pantai Parangkusumo sedangkan api disimbolkan melalui Gunung Merapi.

3.    Selalu Memiliki Juru Kunci yang di angkat oleh Raja Yogyakarta
Di dalam konstelasi Kerajaan Yogyakarta, Gunung Merapi memiliki peranan yang sangat penting. Oleh karena itu Sri Sultan selaku Raja selalu mengangkat dan menempatkan abdi dalemnya menjadi juru kunci di gunung tersebut.  Salah satu Juru Kunci Gunung Merapi yang cukup fenomenal adalah Almarhum Mbah Maridjan yang meninggal dunia ketika terjadi erupsi pada tahun 2010 lalu. 

4.    Salah satu gunung yang paling banyak di daki

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang banyak di daki oleh pada pendaki di Indonesia. Selain karena tantangan, cerita tentang kemisteriusan dan keaktifan gunung tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk di kunjungi.  Untuk mencapai puncak merapi sendiri,  terdapat 3 jalur pendakian, yaitu alur pendakian via selo, via Babadan dan via Kinahrejo. 

5.    Memiliki 7 penampakan puncak gunung lain

Jika kita berhasil menuju puncak Merapi, akan disuguhi pemancangan 6 puncak lainnya yang memang bertetangga dengan gunung setinggi 2.968 Mdpl (sebelum erupsi tahun 2010) tersebut.  Adapun puncak gunung yang berada di dekatnya antara lain puncan Gunung Merbabu, Lawu, Sindoro, Sumbing, Slamet, Ungaran dan Telomoyo