Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Lima Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Harus Diketahui

Written By GOJEK #GolekRejeki on Monday, April 03, 2017 | 07:45

Lima Fitur Tersembunyi WhatsApp  yang Harus Diketahui


Trik tersembunyi WhatsApp
WhatsApp merupakan salah satu aplikasi berbasis android yang paling banyak digunakan oleh penduduk di dunia untuk melakukan komunikasi. Ada beberapa hal yang membuat pengguna WA loyal terhadap aplikasi ini antara lain: tanpa harus membuat accout, tanpa melalui login dan cukup menggunakan nomor telepon yang dimilikinya. Selain itu tarifnya yang terjangkau juga membuat aplikasi ini bisa menggeser firut SMS dan BBM yang sudah terkenal sebelumnya. Akan tetapi, tahukah anda jika WhatsApp memiliki fitur-fitur tersembunyi yang bisa anda manfaatkan untuk memudahkan komunikasi sehari-hari? berikut ini adalah Lima Fitur Tersembunyi WhatsApp  yang Harus anda ketahui:

1.    Menyembunyikan tanda read
Salah satu fitur whatsApp yang disukai user adalah laporan yang menunjukkan pesan kita sudah di baca, di terima tapi belum dibaca atau bahkan belum terkirim. Setiap pesan yang sudah terkirim namun belum dibaca akan ditandai dengan satu tanda centang, sedangkan pesan yang terkirim  dan sudah dibaca akan ditandai dengan centang biru.
Namun bagi penerima, kadangkala laporan itu justru tidak disukai. Adakalanya kita ingin membaca pesat WA yang terkirim ke kita tanpa diketahui oleh pengirim pesan.  Akan tetapi jangan khawatir, dengan trik ini dijamin anda akan bisa membaca pesan WhatsApp tanpa diketahui oleh pengirim pesannya.  Untuk  melakukannya, silahkan masuk ke menu Settings, lalu Accounts dan Privacy. Di dalamnya, tepatnya di bagian bawah, Anda akan menemukan tab bertuliskan Read Receipts. Hapus tanda centang di bilah tersebut untuk menon-aktifkannya.

2.    Menghentikan download otomatis
Salah satu hal yang merepotkan bagi pengguna WhatsApp khususnya yang menggunakan perangkat bermemori kecil adalah autodownlad bagi video dan gambar.  Biasanya berbagai foto dan media yang dikirimkan melalui WhatsApp akan otomatis terunduh. Hal ini mengakibatkan konsumsi daya yang cukup besar, selain juga menghabiskan paket data.
Agar foto dan media yang dikirim ke WA tidak langsung terdownload/ terunduh, anda tinggal  masuk ke menu Setting, dan pilih Data Usage. Di dalamnya ada tab bertuliskan Media Auto Download yang berisi pengaturan untuk unduhan otomatis tersebut. Ada tiga tab, yaitu When using mobile data, When connected on WiFi, atau When roaming. Pada masing-masing tab bisa dipilih media apa saja yang akan diunduh otomatis atau tidak diunduh sama sekali. Simple bukan...?

3.    Menyembunyikan “Last Seen”
Tahukah anda kalau kita bisa mengetahui waktu online terakhir dari teman kita di WhatsApp?  Yah, memang aplikasi instan masanger ini mengizinkan pengguna saling melihat waktu online terakhir masing-masing (last seen).  Akan tetapi jika anda menginginkan agar kawan anda tidak bisa mengetahui kapan waktu anda terakhir anda bisa menyembunyikan tanda “last seen” tersebut. Caranya, pilih menu Setting, kemudian pilih tab Account dan Privacy. Anda akan menemukan bilah bertuliskan “Last Seen”. Pilihlah tab tersebut, maka akan muncul pilihan lain secara pop-up. Pilih  Everybody agar semua orang bisa melihat “Last Seen” tersebut, pilih My Contact supaya hanya orang dalam buku kontak saja yang bisa melihat, atau pilih Nobody agar tidak ada satu pun yang bisa melihat waktu terakhir kita online

4.    Memberi Tanda bintang
Teman anda mengirimkan suatu informasi yang penting dan harus tersimpan ? Jangan khawatir, anda bisa menyimpan/ melindungi pesan tersebut agar tidak terhapus saat anda membersihkan pesan-pesan yang menggunung. Untuk melakukannya, anda bisa memberikan tanda bintang pada setiap percakapan yang ada di WhatsApp. Caranya, pilih pesan yang ingin ditandai, sentuh dan tahan selama beberapa detik. Akan muncul tanda bintang pada header WhatsApp, tepat disamping ikon “delete”. Pilihlah tanda bintang tersebut. Untuk melihat semua tanda bintang yang ada di pesan, cukup sentuh menu titik tiga di sudut kanan atas. Selanjutnya pilih tab bertuliskan “Starred messages”

5.    Huruf tebal dan miring
Bagi anda yang terbiasa mengirimkan pesan melalui email, adakalanya perlu penegasan dengan menggunakan huruf tebal, miring maupun dicoret. Dan kini, WhatsApp  sudah bisa menampilkan format-format tersebut. Untuk melakukannya, cukup dengan memasukkan karakter khusus sebelum dan setelah kata yang ingin diformat.
Agar menjadi tebal, gunakan tanda bintang (*) di antara *kata yang diinginkan*. Bila ingin membuatnya miring, gunakan tanda underscore  (_) di antara _kata yang diinginkan_, dan bila ingin membuat kalimat dicoret (strike through), gunakan tanda ~ di antara ~kata yang diinginkan~.