Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Lima Tips agar Kita bisa Menabung secara Konsisten

Written By GOJEK #GolekRejeki on Tuesday, July 04, 2017 | 12:43

 Lima Tips untuk menabung secara Konsisten
 
 
 
Menabung merupakan salah satu cara yang wajib dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal positif dan negatif yang mungkin terjadi di waktu yang akan datang. Kita bisa meprediksikan, meskipun tidak bisa tepat terkait kebutuhan-kebutuhan kita di masa mendatang seperti untuk menikah, biaya persalinan, biaya sekolah anak, beli rumah maupun mobil atau kebutuhan disaat kita pensiun dan tidak kuat bekerja lagi. Oleh karena itu kita juga dituntut memiliki strategi yang tepat untuk menyimpan kekayaan kita dalam bentuk tabungan khususnya untuk mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan di masa mendatang tersebut. 

Namun demikian, dalam kondisi riil kebanyakan orang mengalami kesulitan untuk menabung secara konsisten, karena terbuai oleh keinginan-keinginan masa kini yang selalu bersliweran di benak kita. Berikut ini adalah lima tips untuk menabung secara konsisten untuk mengantisipasi masalah keuangan kita di masa yang akan datang sebagaimana dikutip dari Careerealism. 

1.    Dimulai hari ini

Cobalah berniat dan mulai menabung mulai dari sekarang. Kadangkala kita memiliki niat menggebu-gebu untuk menyisihkan sebagian penghasilan kita tapi belum bisa terlaksana saat ini karena satu dan lain hal.  Konsistenlah menyisihkan sejumlah uang untuk mulai menabung setiap bulannya.  Untuk besaran nominalnya,  sekitar 20 persen dari gaji bulanan kita insyaAllah cukup untuk  tabungan hari tua.

2.    Menekan  pengeluaran sehari-hari

Salah satu godaan terbesar bagi ketika ingin menyisihkan pendapatan sehari-haru untuk di tabung adalah kebutuhan sehari-hari yang cukup besar.  Cobalah untuk berhemat dengan mendata dan mengurangi pengeluaran sehari-hari yang dirasa berlebihan atau tidak perlu.  Apabila tiap siang kebiasaan kita makan di restauran, cobalah pindah tempat ke tempat lain yang lebih murah atau dengan membawa bekal dari rumah.

3.    Menetapkan tujuan menabung

Sebelum kita menabung, alangkah baiknya kita tetapkan dulu tujuan kita tersebut. Untuk melakukannya silahkan membuat daftar kebutuhan-kebutuhan kita di masa mendatang dengan mengurutkan waktunya, misalkan untuk biaya istri melahirkan, biasa anak sekolah, biaya meli rumah dan lain sebagainya.  Bisa juga kita menabung untuk modal usaha atau untuk berinvestasi di sektor lain yang dirasa lebih menjanjikan. 

4.    Memberitahu dan meminta bantuan orang terdekat kita untuk membantu mewujudkan tujuan menabung
Ada baiknya kita memberi tahu keluarga terdekat kita tentang tujuan-tujuan yang hendak kita capai dengan menyimpan uang sehingga mereka bisa berperan aktif membantu kita dengan mengingatkan apabila kita terlena.  Jangan sampai orang-orang terdekat kita justru menjadi penghambat karena tidak tahu program menabung yang sudah kita rencanakan.

5.    Mengikuti  asuransi

Bagi Anda yang masih muda, tidak ada salahnya untuk segera mendaftarkan diri dalam layanan asuransi kesehatan. Karena dengan berasuransi, Anda dapat meringankan bebanmu dan meringankan pengeluaran jika Anda mendadak mengalami sakit yang cukup serius dalam waktu dekat atau bahkan saat masa tua nantinya karena masuk rumah sakit membutuhkan biaya yang tidak sedikit.