Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

5 ciri muslimah yang cocok untuk dijadikan sebagai Pendamping Hidup

Written By Blogger on Sunday, October 02, 2016 | 13:18

Anda belum menikah dan ingin mencari pasangan yang ideal. Kira-kira kriteria seperti apakah yang anda inginkan tentang calon istri yang didamba. Apakah yang cantik, kaya , pintar atau yang seperti apa? Berikut ini adalah 5 ciri muslimah yang cocok untuk dijadikan sebagai istri atau pun pendamping hidup menurut Islam

1.    Taat Beragama
Taat beragama merupakan syarat mutlak bagi calon istri kita jika ingin mencapai kehidupan bahagia di dunia dan akhirat. Siapapun dia, bagaimanapun rupanya, dari keluarga manapun jika dia benar-benar taat dalam menjalankan ajaran igama dan memahami esensi dari ajaran agamanya, maka dipastikan dia akan memiliki akhlak yang mulia dan bisa diajak untuk mengarungi bahtera rumah tangga bersama-sama. Dalam Surah An-Nisa Ayat 34, Allah berfirman yang artinya : “Sebab itu, maka wanita – wanita yang shalih adalah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak berada di tempat. Oleh karena Allah telah memlihara mereka...”. (QS. An-Nisa : 34).

2.    Penuh Cinta Kasih
Salah satu naluri yang dimiliki oleh wanita khususnya muslimah adalah dalam dirinya penuh dengan cinta dan kasih. Hal ini seperti apa yang ada dalam Al-Qur’an, dimana Allah berfirman, yang artinya : “Dan di antara tanda – tanda kekuasaannya, Dia ciptakan untuk kalian istri – istri dari jenis kalian sendiri, supaya kalian cenderung dan merasa tentram kepadanya. Dan Dia jadikan di antara kalian rasa kasih dan sayang.” (QS. Ar-ruum : 21).
Dan bisa dibuktikan, apabila seorang wanita tidak memiliki rasa cinta dan kasih sayang, bisa dipastikan hubungan dengan orang-orang di sekitarnya akan terganggu, termasuk hubungan dengan suami dan anak-anaknya

3.    Masih Gadis
Semua orang pasti mendambakan istri yang masih gadis dan belum pernah dijamah oleh orang lain. Hal ini seperti apa yang disampaikan oleh Nabi Muhammad dalam sebuah riwayat, dimana dikisahkan jika Nabi Muhammad SAW pernah bertanya kepada Jabir R.A : “Apakah kamu menikahi gadis atau seorang janda?” Jabir R.A pun lantas menjawab pertanyaan Rasul tersebut : “Seorang janda wahai Rasul.” Mengapa kamu tidak menikahi seorang gadis yang kamu dapat bercumbu dengannya dan ia pun dapat mencumbuimu?” Untuk itu, wahai para anak gadis, jagalah hartamu yang paling berharga tersebut, serahkan hanya pada yang berhak yaitu suami sahmu setelah melalui ijab qabul.

4. Subur
Salah satu tujuan mengikat tali perkawinan adalah untuk mendapatkan keturunan, oleh karena itu, carilah wanita yang subur ketika memilih istri. Hal ini senada dengan apa yang ada di dalam sebuah hadits, dimana Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya : “Menikahlah dengan wanita – eanita yang penuh cinta dan yang banyak melahirkan keturunan. Karena sesungguhnya aku merasa bangga dengan banyaknya jumlah kalian pada hari kiamat kelak.”

5. Berasal dari Keturunan yang Jelas
Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya : “Wanita itu dinikahi karena empat hal : karena hartanya, keturunannya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka Pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya kamu akan beruntung.” (HR. Bukhari Muslim). Kalau dalam budaya jawa dikenal istilah bibit, bobot lan bebet dimana keturunan yang jelas menjadi pangkal dari ketiga hal tersebut.