Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Lima Jenis Akik dari Daerah di Indonesia Yang Kini Mendunia

Written By Blogger on Monday, February 23, 2015 | 18:32

 Batu akik saat ini menjadi trending topic yang paling banyak dibicarakan oleh masyarakat kita. Banyak orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia menjadi tergila-gila untuk mengenakan berbagai corak batu akik tersebut. Tidaklah mengherankan jika saat ini banyak sekali kontes atau pameran batu akik sehingga makin menaikkan pamor batuan yang termasuk jenis batuan mulia ini. Berikut ini adalah 5 Jenis Batu Akik yang berasal dari berbagai pelosok Daerah namun menjadi incaran banyak orang.

1.    Batu Bacan
Batu bacan adalah salah satu  jenis batu mulia/akik asal Indonesia yang banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea. Perbedaan batu bacan doko dan palamea terletak pada warnanya. Doko memiliki warna hijau gelap sedangkan jenis palamea berwarna hijau kebiruan. Harga batu bacan sendiri mulai dari ratusan ribu puluhan juta rupiah. Bahkan dalam salah satu kontes batu mulia, jenis bacan doko ini ada yang berani membeli dengan harga gila, Rp 3 miliar. Batu Bacan semakin terangkat pamornya ketika Mantan Presiden SBY mengenakannya dalam beberapa kesempatan. 

Batu Bacan
2.    Red Raflesia
Red rafflesia merupakan salah satu jenis batu akik yang berasal dari Bengkulu.  Batu akik yang banyak
Red Raflesia (kompas.com)
diminati orang dari berbagai penjuru nusantara ini beberapa kali memenangkan kontes batu akik tingkat nasional.  Red Rafflesia memiliki warna khas layaknya bunga raflesia,  memiliki warna merah transparan. Dari jenisnya red rafflesia memiliki beberapa warna seperti merah kecoklatan, merah atau merah orange. Menurut penelitian laboratorium, batu akik Red Raflesia termasuk jenis batuan mulia

3.    Sisik Naga
Batu Sisik Naga (kompas.com)
Batu akik sisik naga berasal dari Enrekang, Sulawesi Selatan.  Salah satu jenis  batu akik sisik naga  yang langka dan jadi pembicaraan banyak orang  adalah batu sisik naga bercorak emas. Diduga, sisik naga motif baru ini mengandung emas meskipun belum dibuktikan secara ilmiah. Namun, yang pasti batuan alam yang termasuk kelompok septarian noudles itu lebih keras ketimbang batu akik jenis lainnya. Saat digerinda, batu ini sangat keras, mirip besi.

4.    Klawing
Batu Klawing (detik.com)
Batuan Sungai Klawing tidak kalah kualitasnya dengan batuan yang ada di daerah lain atau di dunia. Batu akik yang berasal dari Klawing Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah ini  banyak dicari orang.  Jenis batu akik Klawing  yang paling dikenal  ada dua yakni jenis batu naga sui  dan Pancawarna.  Beberapa waktu yang lalu, batu khas Sungai Klawing jenis Pancawarna dengan motif pemandangan alam berupa pantai dengan diameter lima centimeter berbentuk bulat lonjong  berhasil menjuarai kontes Batu mulia tingkat ASEAN di Jakarta.


5.    Bungur
Batu bungur berasal dari daerah Lampung, salah satu propinsi yyang memiliki beberapa jenis batu akik. Batu Bungur memiliki warna bening bercahaya, dan konon batu tersebut tergolong kelas batu mulia tingkat dunia. Harganya pun bervariasi mulai dari kisaran Rp 50 juta sampai yang paling murah Rp 500.000. 
Batu Bungur