Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Lima Danau Paling Unik di Indonesia

Written By Blogger on Sunday, January 18, 2015 | 14:42

Indonesia terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki kekayaan alam cukup melimpah ruah dari dasar laut hingga puncak gunung. Negara kita memiliki jutaan ragam flora dan fauna, panorama alam yang tak jemu-jemu untuk dipandang juga keajaiban alam yang membuat kita terhenyak. Salah satunya adalah danau-danau unik dan langka yang kita miliki.  Berikut adalah  5 Danau Paling Unik Di Indonesia :

1. Danau Kakaban, Kalimantan Timur
Danau yang terletak di Pulau Kakaban, Berau Kalimantan Timur ini memerangkap air laut, air dalam tanah dan air hujan sejak 2 juta tahun lalu. Danau Kakaban termasuk danau prasejarah yakni ketika Zaman Peralihan Holosin. Dengan luas sekitar 5 Km2 dikelilingi dinding karang terjal setinggi 50 M sehingga air laut yang terperangkap tidak bisa keluar.
Dalam perkembangannya kemudian, air disini menjadi lebih tawar dan menyebabkan perubahan ekosistem yang unik. Pulau dengan danau seperti ini selain di Berau, Indonesia hanya ada di Danau Ubur-ubur Palau, Kepulauan Micronesia. Kakaban sendiri artinya adalah "memeluk", jadi pulau yang memeluk danau dan juga flora dan fauna di sekitarnya. Jika anda pergi ke Derawan, jangan lupakan Kakaban.

2. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Danau ini bening seperti kaca dengan dua rasa, tawar dan asin. Yup, hal ini karena Danau Labuan Cermin merupakan campuran antara danau air tawar dan air asin. Permukan merupakan air tawar yang tidak tercampur dengan dasar danau dimana terdapat aliran air asin. Perbedaan air tersebut juga mengakibatkan perbedaan ikan yang hidup antara di permukaan dan dasar danau. Setelah dari Kakaban anda bisa mendatangi Labuan Cermin dalam rangka mengeksplorasi Derawan.

3. Danau Kelimutu, NTT

Siapa yang tidak tau Danau Kelimutu yang memiliki panorama menakjubkan dari 3 danau dengan warna yang berbeda. Danau ini terletak di Gunung Kelimutu, Pulau Flores, NTT. Danau yang biasa kita sebut Danau Tiga Warna ini memang memiliki 3 buah kawah danau dengan warna yang berbeda yakni merah, biru dan putih.
Seiring dengan perjalanan waktu, warna-warna ini pun berubah. Kelimuti sendiri gabungan dari kata 'keli' yang berarti gunung dan 'mutu' yang berarti mendidih. Dibalik panorama alam yang menyegarkan mata, masing-masing danau ini dipercaya memiliki kekuatan alam dan makna yang berbeda-beda. Penduduk setempat percaya danau ini menjadi rumah para jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan wajib memberikan sesajen ketika danau berubah warna.


4. Danau Merah Pagaralam, Bengkulu

Danau berwarna merah darah ini terletak di perbukitan Raje Mandare perbatasan Kota Pagaralam dan Kaur, Bengkulu. Meskipun permukaan danau tampak berwarna merah, tetapi sebenarnya dia bening seperti air pada umumnya. Danau ini seperti halnya dengan Danau Hilier yang berwarna merah muda di Kanada.
Danau Merah Pagaralam baru diketahui pada tahun 2010 ketika ada rombongan warga yang melakukan ekspedisi di kawasan Rimbacandi. Untuk mencapai ke danau ini diperlukan waktu 1-2 hari perjalanan dari Kota Bengkulu melewati hutan, kawasan rimbacandi, dan Dempo Selatan. Berminat untuk ekspedisi?

5. Danau Satonda, NTB

Danau ini juga memerangkap air laut didalamnya bahkan kadar garam di danau ini diperkirakan lebih tinggi dari air laut disekitarnya. Danau ini diperkirakan terbentuk akibat letusan Gunung Tambora. Belum banyak penelitian yang dilakukan untuk melihat ragam flora dan fauna yang hidup disana.
Penelitian paling lengkap dilakukan oleh dua orang ilmuwan Eropa, Kempe dan Kazmierczak di tahun 1989 dan 1996. Hasil penelitiannya mereka tuangkan dalam artikel berjudul Microbialities & Hydrochemistry of the Crater Lake Satonda, tahun 1996.

Sumber : http://kumpulan-berita-unik.blogspot.com/2015/01/Danau-Paling-Unik-Di-Indonesia.html