Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Lima Tempat yang Paling Menakjubkan di Dunia

Written By Blogger on Friday, April 04, 2014 | 07:01

Alam selalu menyimpan banyak kejutan dan misteri. Berbagai keindahan seperti tak habis untuk dinikmati. Sejumlah fenomena alam di dunia jadi daya tarik menarik. Beberapa diantaranya bahkan diberi label menakjubkan.
Berikut 5 tempat menakjubkan dunia yang akan membuat Anda tercengang. Beberapa diantaranya tercipta berkat fenomena alam, beberapa lagi berkat ketidaksengajaan oleh ulah manusia.

1. Air Terjun Bigar

Air terjun Bigar sering disebut Izvorul Bigar, terletak di Bozovici, Rumania. Air terjun ini punya banyak sebutan, dari “Air Terjun Elf” atau makhluk halus hingga “Air Terjun dari Negeri Dongeng”.
zvorul Bigar jadi salah satu air terjun paling indah di Romania sekaligus nomor satu dari delapan air terjun paling unik di dunia. Izvorul Bigar terletak di barat daya perbatasan Romania, tepatnya di Taman Nasional Cheile Nerei-Beusnisa yang menghuni bagian selatan Pegunungan Anina, Caras-Severin County. Karena keindahannya yang luar biasa, penduduk setempat sampai menyebut Izvorul Bigar sebagai keajaiban dari Tebing Minis. Selain itu, Izvorul Bigar terletak titik 45 derajat Lintang Utara, tepat di antara Kutub Utara dan Khatulistiwa.

2. Fly Gleyser Reno

Fly Geyser Reno terletak di Reno, Nevada, Amerika Serikat. Tempat ini tercipta secara tidak sengaja pada tahun 1916 hingga 1960 melalui pengeboran sumur air. Air panas yang keluar terus menerus menggerus batu dan semakin lama membentuk sebuah kerucut yang berwarna-warni yang disebabkan oleh mikroorganisme tertentu.
Wikipedia dikutip Kamis (27/3/2014) menyebutkan tempat unik ini memiliki area panas bumi yang tidak diketahui. Air panas akhirnya menemukan titik lemah di dalam sumur dan mendorong dirinya ke permukaan. Mineral mulai terbentuk untuk membuat gunung berapi mini sekitar 5 kaki tingginya dengan lapisan teras.

3.Gerbang Neraka Derweze, TurkmenistanDerweze dikenal pula denga Dervaza yang sebetulnya nama sebuah desa di Turkmenistan. Namun “Gerbang Neraka” lebih lekat dibanding karakeristik desa ini. Gerbang Neraka Derweze berada di tengah padang pasir Karakum, sekitar 260 kilometer sebelah utara dari Ashgabat.
Derweze seperti dilansir Livescience, disebut kawah yang tercipta sejak puluhan tahun silam. Ahli geologi asal soviet melakukan pengeboran di lokasi itu pada tahun 1971 dan menyadap sebuah gua yang penuh dengan gas alam. Tapi tanah di bawah tempat pengeboran runtuh, meninggalkan lubang dengan diameter 70 meter.

4. Grand Prismatic SpringGrand prismatic spring adalah sumber mata air panas terbesar di Amerika serikat. Gambarnya mungkin akan sering ditemui dipencarian gambar Google. Tempat ini adalah sumber mata air panas dengan urutan ketiga terbesar didunia.
Keunikkannya memiliki warna yang beraneka ragam, dan warna air bs berubah sesuai musim yang sedang berlangsung, ketika musim panas warna air berubah cenderung akan menjadi orange dan merah, dan ketika musim dingin tiba warnanya berubah cenderung berwarna hijau tua.
Hal tersebut disebabkan pigementasi bakteri yg hidup diair yg kaya mineral, selain berubah warna, warna disekelilingnya juga selalu cerah dan mencolok, dibagian tengah kolam airnya berwarna biru tua, lalu semakin menepi warnanya cenderung orange terang.

5. Antelope Canyon 
Antelope Canyon terbentuk oleh erosi Batuan Pasir Navajo, terutama akibat banjir bandang dan kemudian karena proses sub-aerial. Air hujan, khususnya selama musim muson, mengalir ke cekungan memanjang di atas bagian ngarai celah, yang bertambah cepat dan memperbanyak pasir ketika tergerus ke jalur laluan sempit itu. Banjir terakhir terjadi pada tanggal 30 Oktober 2006 yang berlangsung selama 36 jam, dan menyebabkan Otoritas Taman Suku menutup Ngarai Antelope Bawah selama beberapa bulan.

Sumber:  http://www.solopos.com