Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

5 Bangunan Unik Dan Indah dari Seluruh penjuru dunia

Written By GOJEK #GolekRejeki on Wednesday, April 15, 2020 | 12:23

5 Bangunan Unik Dan Indah dari Seluruh penjuru dunia

Dunia arsitektur merupakan salah satu dunia seni yang terus berkembang seiring dengan perkembangan jaman. Kebutuhan akan bangunan yang kompleks untuk mewadahi aktivitas manusia meewajibkan bagi seorang Arsitek untuk terus berevolusi dan berimprovisasi. Dan dari tangan dingin arsitek inilah, lahir berbagai desain bangunan yang unik, indah tapi tetap nyaman untuk digunakan. berikut ini adalah 5 bangunan unik dan indah dari segi arsitekturnya yang berasal dari berbagai penjuru dunia

1. Wonderworks Amerika
Wonderworks
Dunia terbalik seolah-olah menjadi trendsetter dalam dunia seni termasuk arsitektur. Salah satu bangunan yang menarik karena berbentuk terbalik adalah Bangunan Wonderworks yang berada di Tennessee Amerika Serikat. Gedung yang menjadi pusat atraksi wisata di kota tersebut dibangun dengan terbalik sehingga terkesan unik tapi tetap indah. Perlu diketahui, bangunan WonderWorks sebenarnya hanya merupakan salah satu dari 4 bangunan unik yang termasuk dalam WonderWorks Family Atrractions di Amerika. Bangunan unik lainnya selain di Tennessee, berada di Orlando, Panama City, Myrtle Beach, Syracuse, dan West Nyac

2. Dancing Building republik Ceko
Dancing BuildingDancing Building merupakan salah satu bangunan yang menjadi landmark Kota Prague, Republik Ceko karena konsepnya yang cukup unik. Sesuai dengan namanya, bangunan ini dibuat meliuk seperti sedang menari. Bangunan yang mampu menarik perhatian orang-orang dari dalam maupun luar negara Ceko ini berfungsi sebagai pusat budaya.  Dirancang oleh seorang arsitek cukup ternama di dunia,  Vlado Milunic dari Kroasia dan  Frank Gehry dari Kanada,  gedung yang cukup fenomenal ini mulai dibangun pada tahun 1994 dan baru selesai pada tahun 1996. Perlu diketahui, julukan Dancing Building  sebenarnya bukanlah nama asli dari gedung ini.  Bangunan yang terletak diantara gedung-gedung unik lainnya yaitu Neo-Baroque, Neo-Gothic dan Art Nouveau ini sebenarnya bernama ‘Fred and Ginger’.  Saat ini, bangunan ini dijadikan sebagai simbol dari kota Prague.

3. Dynamic Tower Dubai
Dynamic TowerSebagaimana kita ketahui, Dubai merupakan salah satu negara yang paling kaya di dunia. Oleh karena itu tidaklah mengherankan apabila di negara petro dolar tersebut banyak memiliki barang-barang yang mewah dan wah yang tidak ada atau dimiliki oleh negara lain. Salah satunya yaitu bangunan yang bernama Dynamic Tower. Gedung pencakar langit yang mampu menari dunia internasional karena desain arsitekturnya ini dibuat dengan ketinggian 80 lantai, yang setiap menitnya akan berputar sejauh 6 meter. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat gedung ini pun sangat gila, yaitu sekitar 330 juta USD. Gedung Dynamic Tower atau Da Vinci Tower yang dirancang oleh David Fisher ini memiliki kemampuan untuk berputar hingga 6 meter tiap menitnya, dan untuk melakukan rotasi penuh membutuhkan waktu sekitar 90 menit di masing- masing lantainya.

4. The Piano House
The Piano HouseBangunan gedung yang berbentuk piano raksasa dengan biola kaca   besar pada pintu masuk ini merupakan bangunan unik yang berada di Anhui, China. The Piano House dirancang oleh mahasiswa arsitektur di Hefei University pada tahun 2007. Bangunan pondasi gedung ini menggunakan tiga buah tiang yang tertancap secara kokoh dan dilengkapi dengan teras di bawah kanopi yang bentuknya menyerupai bagian atas dari sebuah piano. Keunikan lain yang dimiliki oleh bangunan ini adalah  adanya akses masuk ke dalam gedung yang dibuat menyerupai sebuah violin transparan. Di dalam violin tersebut, kita bisa melihat dari luar rangkaian eskalator menuju ke lantai atas bangunan.  Sebagaimana di Indonesia, gedung yang memiliki desain unik dan berbeda dengan gedung-gedung lainnya ini sering digunakan untuk berfoto-foto bahkan banyak yang menggunakan sebagai lokasi foto pre wedding. 

5. Forest Spiral Jerman
Forest SpiralForest Spiral merupakan bangunan yang bentuknya menyerupai spiral yang terletak di Darmstadt, Jerman. Bagian atap dari bangunan ini, ditutupi oleh sejumlah pohon yang jika dilihat dari sisi yang berbeda bentuknya seperti spiral. Gedung yang dirancang oleh seorang arsitek dari Austria bernama Friedensreich Hundertwasser ini dibangun pada tahun 1990an dan selesai dibangun pada tahun 2000. Bereda dengan bangunan unik dari seluruh penjuru dunia yang lain, gedung yang juga dinamakan Waldspirale ini dibuat untuk dijadikan sebagai bangunan tempat tingggal.