Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

5 Tips untuk Memperkuat Sinyal Ponsel

Written By Blogger on Sunday, April 10, 2016 | 22:10

sinyal ponsel
Berponselria merupakan gaya hidup yang banyak dilakukan orang pada masa kini. Ponsel yang dulunya hanya digunakan untuk telepon dan sms, kini berubah menjadi banyak fungsi terutama game, internet dan sosial media. Hanya saja perkembangan teknologi ponsel kadangkala terkendala dengan keterbatasan sinyal, karena tidak meratanya sinyal yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah lima tips yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal ponsel
1. membuat “peta” sinyal
Di rumah kita, kadangkala tidak semua ruangan memiliki kekuatan penerimaan sinyal ponsel yang sama. Ada ruangan yang bisa menerima sinyal ponsel dengan baik, namun ada juga yang kurang baik.  Oleh karena itu, agar kita tidak dirugikan dengan kondisi tersebut, ada baiknya kita memetakan kondisi sinyal di rumah atau tempat kerja kita. Untuk prakteknya, sangatlah gampang. Perama kali, buatlah sebuah denah rumah dalam bentuk sederhana kemudian HP atau ponsel kita nyalakan dalam mode field test atau masuk ke Setting untuk melihat indikator kekuatan sinyal. Kemudian berjalanlah dari satu titik ke titik di dalam rumah untuk mengetahui berapa kekuatan sinyal yang kamu dapatkan di sana dan beri tanda pada denah rumah kita.

2. Membuka jendela
Apabila kita berada di dalam rumah atau mobil dan kemudian menerima telepon, maka kadang-kadang akan mengalami gangguan seperti suara putus-putus atau tidak jernih dan lain sebagainya. Nah, sebenarnya itu adalah salah satu pertanda bahwa sinyal yang kita terima lemah atau berada di bawah standar yang dudah ada dalam kemampuan ponsel kita. Salah satu solusinya adalah dengan mendekat ke jendela dan membukanya lebar-lebar sehingga sinyal yang dipancarkan dari luar bisa  ditangkap oleh ponsel tanpa harus menembus penghalang. Apalagi bahan logam dalam body mobil termasuk bahan yang sulit ditembus sinyal seluler.


3. Cek ulang baterai
Apabila telepon kita putus-putus atau SMS yang kirta kirimkan mengalami delay, cobalah cek baterai ponsel. Smartphone biasanya akan menerapkan mode penghematan daya saat baterai tinggal sedikit. Dan tanpa kita sadari, mode ini bisa saja memutus sementara koneksi ke jaringan, karena untuk memindah koneksi dari satu pemancar ke pemancar lain memang memakan banyak daya.

4. Menggunakan Airplane mode

Saat ini, hampir di semua ponsel terdapat fiture Airplane mode yang dapat kita gunakan selama berada di dalam pesawat terbang. Apabila fiture tersebut kita aktifkan, maka semua koneksifitas yang berhubungan dengan jaringan di ponsel kita akan dimatikan. Salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk memperkuat sinyal ponsel kita yaitu dengan memasang Airplane Mode selama tiga detik, lalu matikan kembali mode tersebut sehingga akan me-refresh koneksi ke jaringan operator seluler di ponsel kita. Selain itu setelah airplane mode di nonaktifkan,  bisa saja ponsel kita terhubung ke pemancar sinyal yang lokasinya paling dekat dengan lokasi menelepon. sehingga sinyal yang dipancarkan dan diterima ponsel akan lebih kuat.


5. Mendekati pemancar sinyal
Anda berada di suatu tempat yang jangkauan sinyal ponselnya lemah ? cobalah cari lokasi tower pemancar sinyal terdekat dengan aplikasi Open Signal. Open Signal bisa menunjukkan koordinat lokasi tower pemancar sinyal di sekeliling kita sehingga kita bisa mendekat ke sana. Untuk menggunakan software ini, kita harus mendownload dan menginstalnya di ponsel kita.