Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Lima Hal Ini Bisa Merusak Manfaat Sehat Air Putih

Written By GOJEK #GolekRejeki on Monday, October 21, 2013 | 19:47

Semua orang pasti setuju kalau air putih itu menyehatkan. Tapi untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari segarnya air putih, Anda juga perlu jeli karena ada beberapa hal yang bisa merusak manfaat sehat air putih.

Dikutip dari Huffington Post, Kamis (17/10/2013), ini dia lima hal yang bisa merusak manfaat sehat dari air putih dan tanpa disadari Anda lakukan

 1. Minum Terlalu Banyak Air
Hal ini memang relatif sulit dilakukan, terutama jika cuaca sedang panas-panasnya. Menurut Mayo Clinic, overhydrating bisa menyebabkan masalah serius yaitu hiponatremia, ketika kadar natrium dalam tubuh sangat rendah dan bisa menyebabkan sel-sel membengkak.
Jika tidak segera diatasi, seseorang bisa mengalami kejang dan koma. Biasanya, pelari maratonlah yang rentan mengalami hiponatremia. Shape.com melaporkan sebaiknya jangan banyak minum ketika merasa tubuh Anda penuh dengan air.

 2. Menggunakan Botol Plastik Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahan kimia yang umumnya disebut BPA ini ditemukan di beberapa botol air plastik. Menurut National Institute of Environmental Health Sciences, BPA bisa larut di dalam makanan dan minuman serta bisa menimbulkan risiko kesehatan terutama bagi anak-anak dan bayi.
Meski sekarang sudah banyak botol bebas BPA, tetaplah berhati-hati karena bisa saja ada bahan kimia lain yang meresap ke botol saat air terkena sinar matahari, mesin pencuci piring, atau ketika dipanaskan di microwave

 3. Tidak Mencuci Botol
Botol minum yang terbuat dari stainless steel atau plastik yang aman memang bisa digunakan berulang kali. Tapi jangan lupa untuk selalu mencucinya setiap selesai digunakan karena bakteri suka bersarang di tempat yang hangat dan basah. Caranya mudah, cukup cuci seluruh bagian botol dengan air sabun hangat dan biarkan terbuka sampai kering, demikian dilaporkan San Francisco Chronicle.

4. Minum Air Langsung dari Keran
Meskipun tidak sengaja, meminum air dari shower saat mandi sering dialami banyak orang. Ada baiknya Anda rutin membersihkan kepala shower karena di situlah salah satu tempat utama bakteri di kamar mandi berkembang biak, apalagi saat kekebalan tubuh seseorang sedang tidak baik maka bakteri akan mudah menyerang.

 5. Kafein Pada beberapa orang, kafein bisa meningkatkan memori dan konsentrasi. Tapi ketika Anda menambahkannya ke dalam air, itu akan merusak manfaat sehat dari air. Ketika Anda hobi melamun sambil menyeruput secangkir kopi sembari menuntaskan dahaga, itu justru membuat Anda mudah marah dan tidak bisa tidur

Sumber: detikHealth